Tips

Sepatu Running Kamu Bau dan Kotor? Yuk, Hilangkan Dengan Cara Ini

Sepatu Running

Bukan hanya sebagai perlengkapan wajib olahraga, sepatu juga menjadi salah satu penunjang penampilan saat olahraga lagi sendirian maupun bersama teman. Coba bayangkan, ketika beristirahat dan membuka sepatu, timbul bau yang sangat tidak sedap. Pasti langsung malu, bukan? Atau coba bayangkan ketika kamu sedang mengikuti event lari nasional menggunakan sepatu running favorit kamu, tapi warna sepatu malah memudar, rasa semangat pasti memudar sedikit, ‘kan?

Seiring berjalannya waktu, sepatu running yang selalu kamu gunakan akan menimbulkan bau dan warna sepatu akan terlihat sedikit pudar sehingga dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri maupun semangat berolahraga. Untuk dapat tetap tampil kece dan pede, kamu dapat merawat sepatu running dengan Baking Soda. 

Baking Soda untuk sepatu running kamu

Baking Soda pasti sangat familiar di kalangan para juru masak di seluruh dunia, tapi juga memiliki manfaat lain sebagai bahan yang dapat digunakan untuk merawat sepatu running kesayangan. Penasaran apa saja manfaat baking soda untuk sepatu kamu? Simak ulasan berikut, ya!

1. Menghilangkan Bau Tidak Sedap

Pada dasarnya, bau tidak sedap pada sepatu bukan kesalahan dari proses produksi sepatu baru, tapi disebabkan oleh hal-hal yang kita anggap sepele namun ternyata itulah sumber utama penyebabnya.

Bau tidak sedap pada sepatu yang mengganggu kenyamanan indera penciuman dan rasa percaya diri disebabkan oleh berbagai macam hal, yaitu:

  • Kurangnya sirkulasi udara pada sepatu

Sebenarnya, bagian atas sepatu running memiliki pori-pori yang mampu menyerap air dari luar maupun keringat yang dikeluarkan dari kaki pasca adanya aktivitas. Pastikan untuk menjemur sepatu setelah selesai digunakan dengan melonggarkan tali sepatu tanpa perlu terkena sinar matahari langsung.

  • Tidak menggunakan kaos kaki

Bau tidak sedap berasal dari banyaknya keringat pada kaki dan timbunan bakteri pada permukaan kulit. Oleh karena itu, saat kamu menggunakan sepatu running harus menggunakan kaos kaki yang dapat menyerap keringat dan mencegah timbulnya bau tidak sedap pada sepatu. Pastikan kamu rutin mengganti kaos kaki yang digunakan, pilih bahan yang terbuat dari kantun karena mampu menyerap keringat dengan efektif, serta tidak terlalu lama menaruh kaos kaki didalam sepatu.

Tidak menggunakan kaos kaki saat menggunakan sepatu dapat menimbulkan dampak yang lebih besar, yaitu seluruh kaki yang berkeringat akan bersentuhan langsung dengan sepatu, sehingga penyerapan keringat dilakukan oleh sepatu. Kalau kamu tidak rutin merawat dan mencuci sepatu running dengan benar, keringat di kaki kamu akan jadi biang timbulnya bau tidak sedap.

  • Sering digunakan

Menggunakan sepatu dengan durasi waktu yang panjang dapat menjadi salah satu sumber timbulnya bau tidak sedap, hal ini dikarenakan keringat dan air yang meresap pada pori-pori bagian atas sepatu tidak memiliki kesempatan menguap untuk melepaskan keringat atau air yang mengendap. 

Baiknya, kamu membuat jadwal pemakaian sepatu setiap harinya. Idealnya, sepatu yang sama digunakan selama 2-3 hari dalam seminggu, sehingga kamu membutuhkan 2 pasang sepatu running jika kamu rutin lari setiap harinya

  • Memakai sepatu saat kaki basah atau kotor

Sudah siap olahraga, tapi kaki masih basah? Jangan paksakan untuk tetap menggunakan sepatu running meskipun kamu menggunakan kaos kaki. Karena apabila keadaan kaki yang basah atau kotor langsung dipakaikan kaos kaki dan siap berolahraga dengan sepatu running, bau tidak sedap yang muncul dapat lebih parah. Sebaiknya kamu mengeringkan kaki yang basah menggunakan handuk atau tissue hingga benar-benar kering, dan tidak lembab. Selanjutnya, apabila kaki kamu kotor, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu agar tidak menjadi sarang bakteri kaki.

Apabila penyebab timbulnya bau tidak sedap pada sepatu tidak dapat lagi terelakkan, gunakan baking soda untuk menghilangkannya. Berikut step by step menggunakan baking soda untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu running kamu.

  • Siapkan dua potong kain tipis dan baking soda
  • Masukkan dua sendok makan baking soda ke dalam masing-masing potongan kain, lalu ikat dengan karet atau tali
  • Letakkan baking soda yang sudah terbungkus kain ke dalam sepatu
  • Diamkan selama seharian sebelum sepatu running kembali digunakan

2. Menghilangkan Noda dan Mengembalikan Warna Sepatu

Saat berlari, kamu pasti melewati trek-trek tertentu, baik itu basah, kering, berkerikil maupun berlumpur yang dapat meninggalkan bekas noda membandel yang sangat sulit dihilangkan dengan menggunakan sabun pembersih. Selain itu, noda yang menempel pada sepatu yang tidak dibersihkan secara menyeluruh dapat membuat warna asli dari sepatu running kamu tertutupi atau memudar.

Warna asli sepatu yang tertutupi oleh noda tentunya mengganggu penampilan kamu saat berolahraga, yuk bersihkan sepatu kamu dengan baking soda agar noda hilang dan warna sepatu kembali cemerlang.

Cara menghilangkan noda pada sepatu running kamu.

  • Siapkan satu sendok baking soda, sedikit cuka, setengah sendok air hangat dan sikat gigi
  • Campurkan bahan-bahan tersebut lalu gunakan sikat gigi untuk menggosokkan pada area sepatu yang memiliki noda membandel dengan arah memutar
  • Jemur sepatu selama 3-4 jam
  • Bersihkan sepatu dengan sikat bersih dan cuci seperti biasa

Merawat sepatu running memang susah-susah gampang, karena perlu ketelitian ekstra dalam menjaga kualitas, menjauhkan dari bau tidak sedap hingga menjaga penampilan sepatu tetap kinclong tanpa lecet maupun noda membandel. Jika kamu ingin menambah sepatu baru, berikut ini bisa kamu pertimbangkan untuk dibeli:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *